Cara Menambah RAM Pada Smartphone Android tanpa Root dan Root

Sebelum kita memulai tentang cara menambah RAM terlebih dahulu kita mengetahui apa itu RAM, RAM (Random Access Memory) merupakan suatu perangkat keras di dalam Komputer /Smartphone yang fungsinya untuk tempat menyimpan data sementara atau memori dan berbagai instruksi program, semakin banyak penyimpanan yang digunakan atau di jalankan maka semakin berkurang juga kapasitas RAM tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kekurangan RAM tersebut adalah dengan menambah RAM pada smartphone Android yang tadinya 1gb menjadi 4gb. Menambah bukan berarti secara fisik, namun menggunakan software atau aplikasi pada perangkat Android cara ini work untuk semua hp misal seperti samsung,xiaomi dan oppo.

cara menambah ram

Berikut Panduan Cara Menambah RAM pada Smartphone Android.

1. Cara menambah kapasitas RAM di android tanpa root.

  •  Langkah pertama adalah dengan menggunakan aplikasi kamu bisa mendownload aplikasi Smart Booster dan mengisntal seperti biasa di Smartphone Android. Cara mendownloadnya kamu lakukan pada link yang terdapat pada situs/web terpercaya supaya lebih aman dalam melakukan download selain itu juga untuk menghindari malware dan beragam masalah yang muncul .
  •  Setelah aplikasi yang kamu download terinstal kamu bisa membuka Smart Booster-nya lalu tekan Start Now kemudian untuk memulai pelepasan pada RAM, kamu bisa menekan ikon gambar roket yang terdapat pada sebelah kanan layar smartphone kamu.

cara menambah ram

  • Cara selanjutnya adalah kamu bisa melepaskan lebih banyak RAM yang kamu miliki dengan cara masuk ke menu setting kemudian pilih menu RAM Boost dan ubahlah ke mode Boost Level ke Aggressive.
  • Masih di menu RAM Boost, kamu bias mencentang Boost when screen off kemudian ubahlah juga di bagian Delay to boost when screen off nya untuk menjadikan Immediately. Selanjutnya atur pada settingan agar tidak melakukan kesalahan seperti pelepasan RAM secara terus-menerus dari itu kamu bias mencentang Boost automatically dan ubah RAM threshold menjadi 100MB.

2. Cara menambah kapasitas RAM di android dengan root

Apabila smartphone android kalian sudah di ROOT maka bisa menggunakan aplikasi penambah RAM android bernama RAM Expander. Aplikasi ini merupakan aplikasi terbaik penambah RAM aplikasi ini mengandalkan memori eksternal/SD card untuk media virtual memori sehingga memori yang diproses pada RAM sebagian akan dipindahkan ke SD Card supaya tidak terlalu banyak.

Untuk bisa mempunyai RAM Expander kalian bisa mendownload di Google Play Store dengan harga Rp 50.000 tapi tenang kalian tidak perlu membayar langsung download saja pada link diatas. Berikut adalah cara menggunakan aplikasi RAM Expander:

  • Download aplikasi RAM Expander dan Install aplikasinya seperti biasanya.
  • Gunakan SdCard Directory karena memang kalian akan menggunakan Sd Card sebagai media penambah RAM.
  • Kemudian aturlah berapa besar memori yang akan dipergunakan kemudian kalian bisa menyesuikan dengan kapasitas memori microSD seandainya kalian tidak begitu mengerti pilihlah“Optimal Value” agar secara otomatis mendeteksi kapasitas memori yang akan digunakan.
  • Pada bagian Swappiness disediakan besaran angka 0 sampai 100 dikarenakan setiap merek hp berbeda tingkatan angka swappiness nya, kalian dapat mencoba angka yang pas dengan tipe hp kalian. Cobalah angka 40-60 karena biasanya adalah angka yang pas.
  • Setelah selesai mengatur Optimal Value dan Swappiness pilihlah “Swap Activ” untuk dapat melakukan proses penambahan RAM jangan lupa pilih Autorun agar aplikasi secara otomatis berjalan tanpa harus melakukan setting.
  • Tunggulah sampai proses selesai waktu pemrosesan biasanya berlangsung sedikit lama sesuai dengan kapasitas microSD. Setelah proses selesai smartphone kalian kini sudah mempunyai RAM bayangan.

Itulah cara menambah RAM android tanpa root dan juga root nantinya smartphone kalian tidak akan mengalami lelet atau lemot lagi.

Leave a Comment