Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam 100% Kembali Normal

Smartphone atau kita sebut saja hp merupakan suatu perangkat yang paling umun kita gunakan saat ini. Dari mulai remaja hingga orang tua sekalipun tak ketinggalan yang namanya hp ini. Namun sebagai perangkat elektronik pastinya selalu memiliki kelemahan diantaranya ialah apa bila hp terkena air entah itu jatuh dan terkena air saat bermain di laut mungkin,atau tak sengaja kelupaan. Pada kesempatan kali ini panduanhp ingin memberikan sebuah tips kepada kamu bagaimana cara mengatasi hp kena air baterai tanam.

cara mengatasi hp kena air baterai tanam

Untuk kamu yang masih mempunyai hp dengan tipe removable atau bisa disebut juga hp baterai lepas pasang.  Kamu bisa dengan cepat melepas dan segera mengeringkanya dan bisa meminimalisir konslet atau berbagai kerusakan lainya.

Lalu untuk yang mempunyai hp dengan tipe non removable atau sering kita kenal dengan baterai tanam, hp dengan tipe tersebut tidak bisa membuka baterai dan menutupnya dengan gampang melainkan dengan alat khusus. Berikut dibawah ini tips mengatasi hal tersebut.

1. Matikan Hp

Untuk cara yang pertama ialah dengan mematikan hp terlebih dulu, ini dimaksudkan agar kerusakan yang ditimbulkan semakin parang atau untuk meminimalisir hal tersebut. Karena sebuah barang eletronik selalu bertolak belakang dengan air bila masih dalam keadaan hidup bila air terkena aliran listrik maka akan membuat konslet.

Untuk itu ketika hp kamu masuk dalam air jangan langsung panic cobalah untuk mematikan hpnya lalu mulailah mengelap guna membersihkan air di bagian luar hp. Perlu di ingat janganlah sekali-kali mengecasnya atau charge.

2. Buka Casing ,Sim Crad dan Memory

Langkah yang kedua ialah dengan membuka casing dan melepaskan komponen seperti Sim Card, memory. Nahh biasanya untuk hp tanam untuk membuka batre dan casing diperlukan alat khusus tidak sembarangan membukanya.

Bila kamu tidak mempunyai alatnya atau kamu belum mengerti cara membukanya jangan coba-coba membukanya karena pasti akan menimbulkan kerusakaan tambaha pasti itu. Jika kamu tidak bisa membukanya maka cobalah untuk melepas  sim card dan memory card supanya keduanya tidak ikut terkena imbasnya.

Setelah melepasnya kamu keringkan kartu sim dan memory card dengan cara dilap menggunakan kain kering .

3. Mulali Mengeringkan

Pengeringan yang pertama ialah dengan mengeringkan bagian luar seperti Lcd, setelah kamu melepas komponen tadi kamu coba untuk mengeringak bagian LCD, keringkan dengan cara di lap menggunakan kain kering atau bisa juga tisu.

Biasanya LCD ini merupakan komponen yang cukup rawan bila terkena air karena pada bagian LCD terdapat komponen yang tidak tahan terhadap air. Bila ini tidak segera dikeringakan akan menimbulkan efek seperti buram atau bisa juga efek seperti mengembun. Dan sebagian kasus setelah jatuh dan masuk ke dalam air hp langsung restart sendiri dan mati.

4. Rendam dalam Beras

Cara mengatasi hp kena air yang ke empat ialah dengan menggunakan metode rendam didalam beras mungkin cara ini kamu sering mendengarnya, namu sebelum itu kamu matikan dahulu hp kamu. Lalu kamu cari lumbung beras yang biasa terdapat dirumah kamu.

Kenapa merendamnya di beras ? seperti yang kita tahu apabila tangan kamu dimasukan kedalam beras pasti akan terasa panas ya ga panas sih hangat, nahh efek hangat inilah yang akan menyerap kedalam hp selain itu beras juga mudah untuk didapatkan

Jika tidak ada lumbung padi kamu siapkan wadah seperti baskom misalnya,  kamu taburi beras lalu masukan hp kedalam wadah beras tersebut dan cobalah kamu diamkan selama kurang lebih 1 hari .

Selain menggunakan metode rendam beras mengeringkan hp terkena air juga bisa menggunakan silica gel, menurut wikipedia silica gel merupakan suatu butiran-butiran kecil mirip seperti kaca dan ini biasa ditemukan pada saat kamu membeli tas baru biasanya terdapat silica gel ini.

Untuk cara mengeringkanya kamu cukup menyimpan ditempat yang tertutup bersama dengan silica gel, silica gel dapat membantu menyerap air dan kelembaban di dalam hp, dan silica gel ini diklaim mampu menyerap air lebih cepat atau 10 kali lipat dari beras.

5. Jangan Gunakan Hair Dryer

Untuk proses pengeringan jangan kamu sesekali gunakan hair dryer ini kenapa ? bagi sebagian orang pasti menganggap bila menggunakan hair dryer akan mempercepat proses pengeringan namun ini tidaklah tepat karena menggunakannya dapat merusak bagian komponen didalamnya.

6. Hidupkan Hp

Stelah kamu mencoba langkah-langkah diatas yang terakhir ialah kamu coba nyalakan hp tersebut, jika setelah dinyalakan hp kamu menyala dan masih normal maka berarti hp kamu tidak mengalami kerusakan yang serius.

Namu jika pada saat dinyalakan hp kamu tak kunjung menyala maka sudah dapat dipastikan hp kamu mengalami kerusakan komponen yang cukup parah, bila sudah begitu cara yang terakhir ialah dengan membawanya ke tukang servis.

Biaya servis hp mati terkena air biasanya bervariasi dulu saya pernah melakukan servisa dengan kasus sama seperti itu, biayanya tergantung kata tukang servisnya kalau ringan sekitar Rp.50000-an kalau sedang sampai berat agak sedikit mahal sekitar Rp.100.000-an.

Daripada membawanya ketukang servis dan biasanya menurut pengalaman pribadi bila hp pernah dilakukan perbaikan apalagi kalu I flash hp tersebut pasti akan mengalami maslah lagi dan begitu seterusnya, saran saya sih ganti aja yang baru bila keadaan buget mencukupi.

Demikianlah cara mengatasi hp kena air baterai tanam langkah-langkah di atas merupakan langkah darurat menurut saya bila langkah darurat sudah diterapkan syukur berhasil bila tidak kamu bisa bawa ke tukang servis atau ganti dengan yang baru.

Bagikan di
  • Leave a Comment