Cara Mengembalikan Foto Yang Sudah Terhapus Permanen Di Google Foto Ternyata Begini

Cara mengembalikan foto yang sudah terhapus permanen di google foto adalah hal yang bisa dikatakan gampang gampang susah sih yaa hal ini karena kamu telah menghapusnya secara permanen. Namun hal tersebut bukalah hal yang tidak mungkin, tetap bisa mengembalikan foto namun yaitu tidak semuanya mungkin tergantung faktor lama dan kapan dihapusnya.

cara mengembalikan foto yang sudah terhapus permanen di google foto

Nah pada aplikasi google foto sendiri sebenarnya sudah menyediakan sebuah fitur untuk restore yakni foto yang dihapus bisa dikembalikan asalkan belum di hapus permanen.

Jadi meski kamu sudah menghapus foto di google foto itu belum sepenuhnya terhapus masih terdapat di file folder sampah dan bisa di restore.

Tetapi hal ini berbeda jika kamu sudah menghapus semua folder di opsi sampah, jika sudah menghapusnya di folder sampah berarti itu sudah masuk kategori hapus permanen.

Jadi intinya kam menghapus seperti apa menghapus hanya hapus biasa atau menghapus lalu menghapus lagi di folder sampah, jika hanya menghapus biasa itu masih bisa dikembalikan.

Namun jika kamu sudah menghapus lalu di bagian folder sampah juga dihapus maka kemungkinan itu sudah di hapus permanen dan untuk mengembalikanya lagi kemungkinanya tidak semuanya.

Baca juga: Cara Membuka Foto Yang Disembunyikan Di Hp Oppo Metode Paling Baru Tahun Ini

Tetapi tenang jika kamus sudah menghapusnya secara permanen tetap bisa dikembalikan namun tidak semuanya mungkin, caranya adalah memakai bantuan aplikasi.

Cara Mengembalikan Foto Yang Sudah Terhapus Permanen Di Google Foto

1. Cek Dulu Di Folder Sampah

Yang pertama cara mengembalikan foto yang sudah terhapus permanen di google foto adalah kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu di folder sampah siapa tahu masih ada.

Hal ini karena beberapa pengguna banyak yang salah paham ketika menghapus itu hanya hapus biasa sudah dianggap permanen, jadi sebenarnya masih ada di folder sampah.

Oleh karena itu saya sarankan cek dulu di folder sampah apakah masih ada atau tidak, jika ada maka beruntung itu masih bisa dikembalikan.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama silahkan kamu buka dulu aplikasi Google foto.
  • Berikutnya silahkan kamu pilih opsi Galeri dibagian pojok kanan bawah.
  • Nah disitu silahkan kamu pilih opsi menu Sampah.
  • Di folder tersebut akan tertera semua foto yang sebelumnya pernah kamu hapus.
  • Untuk mengembalikan silahkan kamu ketuk fotonya dan pilih opsi menu Pulihkan.
  • Sekarang foto berhasil dikembalikan.

Namun perlu kamu ketahui bahwa cara diatas hanya bisa dilakukan ketika kamu baru menghapusnya belum terlalu lama, foto yang terhapus masih ada di folder sampah sampai 30 hari, jika lebih maka akan terhapus otomatis permanen.

Cara diatas hanya bisa dilakukan ketika kamu tidak menghapusnya permanen berikut juga di folder sampah, jadi jika sudah dihapus lalu di folder sampah juga dihapus maka sudah termasuk hapus permanen.

Baca juga: Cara Mengembalikan Keyboard Hp Oppo Seperti Semula Jamin Ampuh

2. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Nah berikutnya cara mengembalikan foto yang sudah terhapus permanen di google foto adalah kamu bisa memakai bantuan aplikasi yang banyak tersedia di google playstore.

Namun meski bisa dikembalikan tetap saja cara ini tidak bisa mengembalikanya semuanya, tergantung dari berapa lama terhapus foto tersebut.

Semakin lama misal lebih dari 1 bulan kemungkinan kecil, namun mungkin 1 atau 2 foto bisa dikembalikan tetapi tidak selalu foto yang dinginkan itu kembali.

Aplikasi apa yang bisa mengembalikan foto yang terhapus permanen? nah untuk aplikasinya sendiri kamu bisa memakai bernama Data Recovery – Recovery Foto, sebenarnya banyak aplikasinya silahkan pakai yang mana dan caranya juga kebanyakan sama.

Berikut cara menggunakan aplikasi tersebut:

  • Langkah pertama silahkan kamu pasang dulu aplikasi Data Recovery – Recovery Foto.
  • Berikutnya silahkan buka saja aplikasinya seperti biasa.
  • Untuk mengembalikan foto silahkan kamu pilih opsi Recover images.
  • Silakah tap opsi scan dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Jika sudah selesai silahkan cek apakah ada foto yang dimaksud.
  • Jika ada pilih fotonya dan tap restore.
  • Selesai.

Untuk aplikasi lainya juga sama cara menggunakanya hanya saja mungkin beda dalam hal tampilan, iya itu wajar jadi jangan bingung ikuti menu yang ada.

Nah cara yang kedua tersebut untuk cara mengembalikan foto yang sudah terhapus permanen di google foto hanya sebagai metode alternatif, namun menurut penjelasan dari dari google ketika kamu menghapusnya permanen di folder sampah atau sudah melebihi waktu 30 hari itu tidak bisa dikembalikan atau dipulihkan.

Saya sendiri sudah mencobanya dan memang berhasil namun yaitu hanya beberapa foto, dan terkadang foto yang dinginkan malahan tidak muncul.

Baca juga: Cara Mengembalikan Akun FF Yang di Banned Ampuh

Oleh karena itu saya sarankan jika memang masih membutuhkan foto tersebut jangan dihapus, atau setidaknya simpan saja di folder online seperti google drive dan sebagainya sehingga tidak memenuhi penyimpanan internal hp kamu tersebut, atau kamu juga bisa memanfaatkan fitur cadangkan untuk menghindari terhapusnya foto.

Cara mencadangkan foto di google foto

  • Buka aplikasi google foto di hp kamu.
  • Lalu silahkan pilih ikon akun kamu di bagian atas.
  • Kemudian pilih opsi setelan foto dan lanjutkan pilih Pencadangan & sinkronisasi..
  • Selesai.

Jadi kesimpulanya bahwa cara mengembalikan foto yang sudah terhapus permanen di google foto itu bisa dilakukan namun dengan beberapa ketentuan yang saya jelaskan tadi diatas, yakni faktor lamanya terhapus, serta faktor dari aplikasinya juga, jika kamu memang beruntung maka bisa dikembalikan, namun jika memang tidak bisa dan sudah mencoba semua metode mungkin memang tidak bisa dikembalikan.

Demikianlah informasi tentang tips cara mengembalikan foto yang sudah terhapus permanen di google foto yang bisa kamu lakukan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Bagikan di

Leave a Comment