Inilah Ciri Ciri Touchscreen Rusak Beserta Penjelasanya Paling Jelas dan Pasti

Seperti yang kamu ketahui bahwa di layar hp itu ada dua komponen yakni touchscreen dan LCD serta keduanya juga berbeda loh, jadi bagi kamu yang menganggapnya sama itu kurang tepat. Nah ketika terjadi kerusakan bisa jadi hanya di salah satunya saja, misal touchscreenya saja, lantas ciri ciri touchscreen rusak itu bagaimana sih?

ciri ciri touchscreen rusak

Touchscreen pada perangkat mobile telah menjadi salah satu komponen kunci dalam penggunaan hp saat ini. Layar sentuh yang responsif memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat secara intuitif, memudahkan navigasi, dan meningkatkan produktivitas. Namun, seperti halnya komponen lainnya, touchscreen hp juga rentan terhadap kerusakan.

Ciri ciri touchscreen hp rusak dapat bervariasi, dan seringkali pengguna tidak menyadari masalah tersebut hingga mencapai tingkat yang lebih serius.

Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat mengidentifikasi tanda-tanda awal kerusakan touchscreen. Informasi ini tidak hanya bermanfaat untuk memahami kondisi perangkat kamu, tetapi juga dapat membantu mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Nah pada artikel berikut ini, kita akan membahas secara rinci mengenai ciri ciri umum yang menandakan touchscreen rusak. Mulai dari layar yang tidak responsif, munculnya garis-garis aneh, hingga masalah lain yang mungkin kamu alami sehari-hari.

Daftar Isi

Ciri Ciri Touchscreen Rusak

Terdapat ciri ciri yang menandakan bahwa yang rusak adalah bagian touchscreen bukan di LCD-nya, berikut diantaranya:

Layar Tidak Responsif

Salah satu ciri ciri touchscreen rusak yang paling sering ditemui adalah ketidakresponsifan layar terhadap sentuhan. Jika kamu mulai merasa sulit untuk menavigasi atau menggunakan aplikasi karena layar tidak merespons dengan baik, kemungkinan besar ada masalah pada bagian ini.

Cobalah untuk menyentuh layar dengan berbagai cara, dan jika tidak ada respons misal bagian tertentu pojok atau tengah saja misalnya, kemungkinan besar ada masalah pada komponen touchscreen.

Layar Bergerak Sendiri atau Ghost Touch

Kemudian ciri ciri touchscreen rusak lainya adalah munculnya ghost touch atau layar hp yang gerak sendiri. Layar yang melakukan tindakan atau sentuhan sendiri tanpa adanya input dari pengguna merupakan tanda bahwa sensor sentuh mungkin bermasalah.

Coba perhatikan apakah perangkat secara spontan melakukan tindakan seperti membuka aplikasi atau menggeser layar tanpa adanya interaksi dari pengguna.

Jika iya ini merupakan salah satu indikasi yang menandakanya, karena kalau kerusakan LCD biasanya tidak mengalami hal ini melainkan layar tidak menyala bahkan mati total.

Munculnya Garis-garis atau Bintik-bintik

Pada beberapa masalah ciri ciri touchscreen rusak, pengguna dapat melihat garis-garis aneh atau bintik-bintik pada layar. Hal ini dapat mengganggu tampilan visual dan mengindikasikan masalah pada lapisan touchscreen.

Jika kamu melihat garis-garis atau titik-titik yang tidak seharusnya muncul pada layar saat kamu menyentuhnya, ini bisa menjadi indikasi kerusakan pada lapisan sensor atau panel layar.

Baca juga: Harga Memperbaiki Layar Hp Lepas Ini Rincianya Untuk Semua Merk

Muncul Warna yang Tidak Wajar

Warna-warna yang tidak biasa atau perubahan warna secara mendadak pada layar saat digunakan mungkin menunjukkan masalah pada konektivitas atau komponen dalam layar sentuh.

Meski ini juga termasuk ciri ciri touchscreen rusak namun tidak selalu bahwa ketika bagian LCD rusak juga kerap mengalami hal yang sama juga.

Sensitivitas yang Berkurang

Kemudian ciri ciri touchscreen rusak lainya adalah jika kamu merasa bahwa sensitivitas layar sentuh menurun, misalnya, kamu harus menyentuh layar dengan lebih kuat atau lebih lama untuk mendapatkan respons, ini dapat menandakan adanya masalah pada sensor atau lapisan permukaan.

Ini merupakan ciri yang paling jelas juga ketika layar sudah mulau tidak sensitive meskipun sudah dibersihkan dan sebagainya maka merupakan tanda yang jelas ada kerusakan di touchscreen.

Layar Pecah atau Retak

Pecah atau retak pada layar bukan hanya masalah estetika, tetapi juga dapat mempengaruhi fungsi touchscreen. Ketika layar touchscreen retak atau pecah maka bisa mengakibatkan sentuhan mungkin tidak dapat terdetek dengan baik pada area yang pecah atau retak.

Layar yang retak nggaris atau pecah sebagian juga sudah termasuk ciri ciri touchscreen rusak meskipun misalnya masih bisa digunakan dalam keadaan normal.

Baca juga: Cara Menghilangkan Garis Pada Layar Hp Oppo Semua Tipe

Apa yang harus dilakukan jika touchscreen rusak?

Nah ketika sudah mengetahui tanda atau ciri ciri bahwa touchscreen mengalami kerusakan, lantas apa yang musti dilakukan jika touchscreen rusak?

Yang musti dilakukan adalah dengan segera memperbaikinya yakni dengan mengganti komponen touchscreen, beberapa konter service menyediakan jasa hanya ganti touchscreen saja tidak selalu dengan LCD.

Jadi tergantung juga tingkat kerusakanya, jika memang benar touchscreen saja yang rusak dan bagian LCD belum kena maka penggantian touchscreen bisa dilakukan.

Namun juga jarang sih ya kebanyakan tentu langsung ganti LCD-nya sebenarnya sih tidak harus loh bisa touchscreen saja, mungkin jika disarankan ganti LCD sekalian ada pertimbangan lain silahkan tanyakan saja ke tukang servicenya.

Baca juga: Cara Mengatasi Layar Hp Xiaomi Bergerak Sendiri Mudah dan Praktis

Apa pengaruh touchscreen retak?

Retak pada touchscreen dapat memiliki beberapa dampak dan pengaruh yang signifikan terhadap pengalaman pengguna dan kinerja perangkat. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi akibat touchscreen yang retak:

Gangguan Visual

Retakan pada layar dapat mengganggu pengalaman visual pengguna. Garis-garis atau retakan tersebut dapat menghalangi tampilan konten, membuat sulit untuk membaca atau melihat informasi yang ditampilkan.

Kurangnya Responsivitas

Layar yang retak dapat mengurangi responsivitas sentuhan. Beberapa bagian layar mungkin tidak merespons atau merespons secara tidak konsisten terhadap sentuhan pengguna, meski juga tidak selalu banyak yang mengalami touchscreen retak namun masih bisa dipakai dengan normal.

Baca juga: Cara Merawat Layar Super Amoled yang Benar Supaya Awet

Kerusakan Lebih Lanjut

Jika retak dibiarkan tanpa perbaikan, ada kemungkinan bahwa kerusakan bisa bertambah parah seiring waktu. Retakan kecil dapat memperluas dan merusak lebih banyak area layar.

Demikian informasi mengenai ciri ciri touchscreen rusak yang perlu diketahui beserta penjelasanya, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya, terima kasih.

Bagikan di

Leave a Comment