Fitur Android Pie Serta Kelebihan dan Kekuranganya

Android Pie merupakan pembaharuan dari Android sebelumnya yaitu Android Oreo, Android Pie pertama kali dirilis dan diperkenalkan publik 6 Agustus 2018 pada pertama kalinya hanya dipakai pada perangkat Android Google Pixel dan selanjutnya mulai diluncurkan untuk perangkat Android lainya. Versi Android Pie menghadirkan berbagai perubahan tampilan UI dan juga fitur-fitur canggih baru dan pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi mengenai fitur Android Pie beserta kelebihan dan kekurangannya simak di bawah ini.

fitur android pie

Berikut Kelebihan Android Pie dan Fitur-fiturnya.

1.Digital Wellbeing
Fitur ini berguna untuk mengurangi waktu penggunaan ponsel agar ponselmu tetap awet dan performa tetap terjaga fitur ini juga akan membatasi waktu berjalannya aplikasi-aplikasi di ponselmu menarik bukan?Pada fitur ini juga bisa secara otomatis mengaktifkan mode malam dan layar akan berubah menjadi warna grayscale tapi sayangnya fitur yang canggih ini hanya bisa dinikmati untuk Anda pengguna Google Pixel.

2.Slices
Kelebihan yang selanjutnya adalah memiliki fitur slices dimana fitur ini berguna untuk membantu pengguna dalam melakukan tugas dan perintah lebih cepat dari biasanya.

3.Adaptive Battery

Fitur canggih ini menggunaakan kecerdasan buatan yang dapat melacak pola penggunaaan aplikasi dan termasuk juga kapan pengguna memakai aplikasi tersebut. Fitur ini memanfaatkan machine learning yang lebih memprioritaskan baterai yang ada dalam perangkat sehingga aplikasi yang sering digunakan pengguna akan lebih optimal maka dari itu fitur ini bisa lebih menghemat baterai hingga 30% lebih lama.

4.App Actions
Fitur ini memprediksi apa yang akan pengguna kerjakan sehingga fitur ini bisa mendapatkan tugas selanjtnya dengan cepat fitur ini juga menggunakan teknologi machine learning yang mampu dapat menampilkan aplikasi di waktu yang tepat hanya dengan apa yang sering atau kebiasaan yang dilakukan oleh pengguna.

5.Fitur Lockdown
Fitur ini merupakan fitur keamana terbaru yang berfungsi mengunci perangkat dan mematikan face unlock, fingerprint, dan voice unlock serta tidak dapat menampilkan notifikasi pada bagian lock screen sehingga hanya Anda yang dapat membukanya.

Kekurangan yang dimiliki Android Pie

1.Android Pie Tidak Dirilis Secara Merata
Pada saat pertama kali di rilis Android Pie hanya ada di perangkat Google Pixel sedangkan untuk ponsel waktu itu harus menunggunya terlebih dahulu.

2.Tombol Pengaturan sedikit Ribet
Sebagian pengguna kurang menyukai konsep desain dari Android Pie karena tombol pengaturan dipindah pada bagian Notification Shade yang dimana posisinya terdapat pada bagian bawah dan apabila Anda ingin masuk ke pengaturan Anda harus menggeser ke bawah dan masuk ke Quick Setting kemudian baru ke menu pengaturan.

3.Masih terasa asing dengan tampilan Android Pie
Tampilan Android Pie yang menggunakan interface dari pada tampilan AOSP oleh karenanya pengguna masih terasa asing oleh tampilan dan desain Android Pie.

4.Navigasi Gesture Sedikit Terasa Lambat
Penggunaan navigasi gesture dirasa oleh pengguna sedikit mempersulit walaupun desainya bagus kontrolnya masih belum sempurna karena sedikit terasa lambat jika dibandingkan menggunakan tombol.

5.Setelah update Kamera Sedikit Kurang Jernih
Yaa , memang setelah Anda mengupdatenya dari Oreo ke Pie kamera ponsel dirasa agak kurang jernih dan terkesan terlalu putih jika dibandingkan saat menggunakan Android Oreo.

Berikut Daftar Ponsel yang Sudah Menggunakan Android Pie

•Samsung
•Nokia
•Huawei
•Sony
•Motorola
•Asus
•Lg
•Xiaomi
•OnePlus

Rata-rata yang mendapatkan Android Pie adalah smartphone keluaran terbaru sedangkan utuk versi lama harus sabar menunggu apabila belum mendapat update.

Leave a Comment