Pahami Resiko Ganti Backglass iPhone dan Tips Yang Bisa Diterapkan

Bagian komponen backglass iPhone merupakan salah satu yang penting dimana komponen ini ibaratnya casing pelindung lah. Namun sering waktu bagian ini juga kerap mengalami kerusakan. Namun yang jadi pertanyaanya adalah apakah bagian tersebut bisa diganti dan apa saja resiko ganti backglass iPhone.

resiko ganti backglass iphone

iPhone dari Apple telah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling diminati di dunia. Desainnya yang elegan dan teknologi canggih menjadikannya favorit bagi jutaan pengguna di seluruh dunia.

Salah satu komponen penting dalam desain iPhone adalah backglass, bagian belakang perangkat yang seringkali terbuat dari kaca. Backglass tidak hanya memberikan tampilan yang estetis, tetapi juga melindungi komponen internal dari kerusakan.

Meskipun backglass iPhone didesain dengan baik, tidak jarang pengguna mengalami situasi di mana backglass mengalami kerusakan, seperti retak atau pecah karena jatuh atau terkena benturan.

Dalam situasi seperti ini, beberapa pengguna memilih untuk mengganti backglass mereka sendiri, entah dengan bantuan teknisi atau melakukannya sendiri dengan panduan dari internet. Namun, perlu dipahami bahwa proses penggantian backglass iPhone memiliki risiko tertentu yang perlu diperhatikan.

Nah pada artikel berikut ini akan membahas berbagai risiko yang mungkin timbul saat mengganti backglass iPhone. Dengan memahami risiko-risiko ini, diharapkan pemilik iPhone dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi saat mempertimbangkan penggantian backglass perangkat mereka.

Daftar Isi

Resiko Ganti Backglass iPhone

Berikut adalah beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan sebelum kalian memutuskan untuk mengganti backglass iPhone:

Bisa Terjadi Kerusakan Komponen Internal

Saat kalian membuka casing belakang iPhone untuk mengganti backglass meski juga sebenarnya tidak sepenuhnya membuka, ini berpotensi untuk merusak komponen internal perangkat.

Perakitan iPhone dilakukan dengan presisi tinggi, dan membongkar perangkat tanpa pengetahuan atau keterampilan yang cukup dapat menyebabkan kerusakan pada komponen seperti kabel fleksibel, konektor, atau bahkan papan sirkuit.

Kehilangan Garansi

Kebanyakan produsen, termasuk Apple, memiliki kebijakan garansi yang mengharuskan perangkat untuk tetap utuh dan tidak rusak. Mengganti backglass iPhone dengan teknisi atau bengkel pihak ketiga dapat mengakibatkan kehilangan garansi perangkat kalian ini merupakan salah satu resiko ganti backglass iPhone juga.

Jika perangkat kalian masih dalam garansi, mempertimbangkan opsi penggantian backglass di bengkel resmi Apple mungkin menjadi pilihan yang lebih aman.

Baca juga: Apakah Charge iPhone Harus 100 Ini Penjelasan Yang Benar

Tidak Cocok dengan Kualitas Bawaan

Lalu resiko ganti backglass iPhone lainya adalah kemungkinan tidak cocok atau tidak sebagus sebelumnya. Backglass iPhone yang asli memiliki kualitas tertentu yang mungkin tidak selalu dimiliki oleh komponen pengganti. Backglass asli diproduksi dengan standar kualitas tertentu yang dirancang untuk kompatibilitas dan daya tahan.

Memasang backglass pengganti yang murah atau berkualitas rendah dapat mengakibatkan perubahan pada tampilan dan kualitas fisik perangkat kalian.

Potensi Kehilangan Fitur Tahan Air dan Debu

Sebagian besar model iPhone modern dilengkapi dengan fitur tahan air dan debu untuk melindungi perangkat dari kerusakan akibat cairan.

Saat kalian membuka casing iPhone untuk mengganti backglass, maka ini berpotensi untuk mengganggu segel tahan air dan debu yang ada di sekitar casing ini juga termasuk resiko ganti backglass iPhone. Hal ini dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kemampuan tahan air dan debu perangkat kalian.

Kerusakan Estetika

Yang terakhir resiko ganti backglass iPhone adalah bisa menyebabkan tampilan iPhone tidak sebagus sebelumnya. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, proses penggantian backglass dapat meninggalkan goresan atau kerusakan pada bagian lain dari iPhone, mengurangi nilai estetika perangkat.

Baca juga: Efek Ganti Baterai iPhone Ketahui Sebelum Melakukan Penggantian

Tips Cara Mengurangi Risiko Penggantian Backglass iPhone

Meskipun penggantian backglass iPhone dapat membawa risiko tertentu, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi kemungkinan terjadinya masalah. Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi risiko saat kalian memutuskan untuk mengganti backglass iPhone:

Menggunakan Layanan Resmi Apple (Jika Tersedia)

Menggunakan layanan resmi Apple untuk mengganti backglass iPhone kalian adalah pilihan yang bijaksana, terutama jika perangkat masih dalam garansi.

Layanan resmi Apple dilakukan oleh teknisi yang terlatih dan menggunakan suku cadang asli, sehingga risiko kerusakan dapat diminimalkan.

Meskipun kadang biayanya mungkin lebih tinggi daripada menggunakan jasa bengkel pihak ketiga, keamanan dan kualitas yang terjamin membuatnya layak dipertimbangkan.

Memilih Teknisi yang Berpengalaman dan Terpercaya

Jika kalian memutuskan untuk menggunakan jasa bengkel pihak ketiga, pastikan untuk memilih teknisi yang berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik.

Lakukan riset terlebih dahulu dengan membaca ulasan dan merekomendasi dari pelanggan sebelumnya. Memilih teknisi yang terpercaya dapat membantu mengurangi risiko kerusakan selama proses penggantian backglass.

Baca juga: Kenapa iPhone Mati Total dan Tidak Bisa Di Charge Ini 6 Penyebab Utamanya

Memperhatikan Kualitas Backglass Pengganti

Pilihlah backglass pengganti yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan spesifikasi perangkat kalian. Hindari menggunakan komponen pengganti yang murah atau berkualitas rendah, karena hal ini dapat mengurangi kualitas dan kinerja perangkat kalian. Pastikan untuk memperoleh backglass yang memiliki daya tahan dan kekuatan yang setara dengan backglass asli.

Melakukan Pemeriksaan Setelah Penggantian

Setelah backglass iPhone kalian diganti, lakukanlah pemeriksaan menyeluruh terhadap perangkat kalian. Periksa semua fungsi dan fitur perangkat, termasuk layar sentuh, kamera, sensor sidik jari (jika ada), dan fitur lainnya.

Pastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah yang muncul setelah penggantian. Jika kalian menemukan masalah atau ketidakcocokan, segera hubungi teknisi yang melakukan pekerjaan tersebut untuk memperbaikinya.

Baca juga: Perbedaan Charger iPhone Kaki 2 dan Kaki 3 Simak Ulasanya

Demikian informasi tentang resiko ganti backglass iPhone yang perlu kalian ketahui beserta tips untuk mengurangi resiko tersebut yang bisa diterapkan, semoga bisa bermanfaat terima kasih.

Bagikan di

Leave a Comment